Pemeliharaan Gigi Pada Anak Harus Melibatkan Peran Orangtua

Orangtua merupakan guru pertama bagi anak. Untuk membiasakan anak memiliki kebiasaan sehat seperti menyikat gigi dua kali sehari, orangtua, khususnya ibu, perlu selalu mendampingi dan membimbing anak.

Penelitian menunjukkan, anak yang mendapat pendampingan orangtuanya saat menyikat gigi memiliki risiko gigi berlubang di lapisan terluar lebih rendah 32 persen dan lapisan dalam 56 persen lebih rendah.

Hal tersebut disampaikan drg.Ratu Mirah Afifah GCClindent MDSc selaku Head of Professional Relationship Oral Care, PT Unilever Indonesia Tbk, saat acara Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) ketujuh di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Sumatera Utara (USU) Medan.

“Sejumlah kebiasaan yang sering dilakukan anak dan dianggap sepele dapat berpotensi menjadi kebiasaan buruk, yang dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut si kecil,” ujarnya, Kamis (22/9/2016).

Berdasarkan Riset Kesehatan Daar 2013, dari 94.4 persen masyarakat Sumatera Utara yang telah menyikat gigi dua kali sehari hanya 1.2 persen yang menyikat giginya di waktu yang benar, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Angka tersebut berada di bawah angka rata–rata nasional yang juga masih memperihatinkan yaitu 2.3 persen.

“Sebagian dari kita masih memiliki kebiasaan menyikat gigi yang salah yaitu tidak menyikat gigi dengan cara, frekuensi dan waktu yang dianjurkan. Padahal dengan menyikat gigi dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur dapat mengurangi resiko gigi berlubang sebanyak 50 persen,” ucap DR Trelia Boel, Sp,RKG (K), Dekan FKG USU.

Kebiasaan buruk yang berpengaruh bagi kesehatan gigi dan mulut lainnya adalah tidak berkunjung ke dokter gigi secara rutin. Padahal, dengan mengunjungi secara rutin dokter gigi, dapat mengurangi resiko gigi berlubang, penyakit gusi, serta mencegah perawatan lanjutan.

BKGN di FKG USU berlangsung mulai 19-21 September 2016, melibatkan 200 tenaga kesehatan gigi dan mulut dan ditargetkan untuk memberikan pelayanan bagi 1.200 pengunjung.

0 Response to "Pemeliharaan Gigi Pada Anak Harus Melibatkan Peran Orangtua"

Posting Komentar