Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum tengah mempelajari dua pernyataan Ruhut Sitompul yang menyudutkan dirinya.

Pertama, terkait independensinya saat menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) 2001-2005. Dan kedua, tentang kepindahannya ke Partai Demokrat.

"Yang sedang saya pelajari pernyataan Pak Ruhut nomor satu, katanya, apa betul Anas di KPU itu penugasan Golkar. Kedua, kalau Anas tidak masuk Demokrat, Anas masuk penjara," kata Anas di kediamannya, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat 1 November 2013.

Setelah mempelajari, Anas berencana mengambil langkah-langkah yang perlu diambil. Ketua Presidium Pergerakan Indonesia (PPI) itu terganggu dengan tuduhan tersebut.

"Anas penugasan Golkar itu merusak kredibilitas saya sebagai anggota KPU, karena anggota KPU itu mandiri, kok saya pernah ditugasi partai tertentu," ujarnya.

Anas mengakui setiap anggota KPU menjalani fit and proper test di DPR. Dan proses itu tentunya melibatkan partai politik. Namun, tak lebih hanya menjalani tes dan uji kelayakan sebagai calon anggota penyelenggara pemilu.

"Pernyataan itu serius sangat merusak independensi dan kredibilitas saya," ujarnya.

Saat ditanya apakah akan menempuh jalur hukum, Anas tidak membantahnya. Ia menegaskan tengah melakukan penelaahan.

"Makanya saya sedang pelajari bahan-bahannya apa betul atau tidak. Itu masalah buat saya, dan mungkin juga masalah buat Golkar. Saya kerja mandiri, independen, boleh diaudit kinerja saya di KPU," katanya.

Terkait tudingan jika tidak masuk ke Demokrat dirinya akan masuk penjara, Anas balik mengkritik Ruhut. Menurutnya, secara tidak langsung politisi yang pernah bermain sinetron itu justru menyerang Demokrat.

"Logikanya begini. Saya masuk Demokrat, kemudian dengan masuk menjadi terbebas dari hukum. Berarti Demokrat menjadi pelindung orang-orang yang bermasalah," katanya.

"Pernyataan Ruhut secara substantif merugikan Partai Demokrat, menuduh partai pelindung orang-orang bermasalah, melukai citra Partai Demokrat," kata Anas.

0 Response to "Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum"

Posting Komentar