Hati-hati Jika Anda Bermain Dengan Kucing Liar

Memeluk peliharaan kesayangan, seperti anak kucing misalnya, memang dapat membuat Anda merasa nyaman. Sayangnya, kebiasaan ini dapat berbahaya untuk kesehatan Anda, menurut para ahli.

Dokter dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di AS melakukan survei skala besar tentang penyakit bakteri demam kucing yang diakibatkan oleh cakaran.

Mereka menemukan, dampak dari penyakit demam kucing yang berpotensi mematikan itu lebih besar ketimbang yang pernah mereka pikir sebelumnya. Penyakit tersebut menyebabkan demam, pustula, dan dalam kasus yang ekstrim, komplikasi dari penyakit dapat menyebabkan kematian.

Para dokter telah memperingatkan bahwa tangan harus selalu dicuci bersih setelah menyentuh kucing dan sebisa mungkin untuk menghindari mencium kucing dalam frekuensi yang sering.

Mereka juga menyarankan, pemilik kucing memastikan kalau hewan peliharaan mereka tidak memiliki kutu.

Dr Christina Nelson dari CDC mengatakan, "Ruang lingkup dan dampak dari penyakit ini sedikit lebih besar dari yang kita duga. Pencegahannya ialah menghindari cakaran kucing. Jika kita dapat mengidentifikasi populasi kucing yang berisiko membawa penyakit, kita dapat memfokuskan upaya pencegahan."

Anak kucing dan kucing liar lebih mungkin untuk membawa penyakit. Penyakit ini menyebar ketika Anda tergores oleh kuku kucing yang terinfeksi, atau ketika Anda memasukkan tangan atau makanan ke mulut setelah membelai kucing yang terinfeksi tanpa cuci tangan.

Bermain dengan kucing liar dan anak kucing juga harus dihindari sebisa mungkin.

Pemilik kucing juga harus berhati-hati, karena hewan peliharaan dapat berinteraksi dengan kucing liar dan tertular.

Namun, penyakit ini relatif jarang, dengan survei kejadian tahunan hanya 4,5 diagnosa rawat jalan dari 100.000 penduduk. Walau begitu, risiko ini tentu tak bisa diabaikan.

0 Response to "Hati-hati Jika Anda Bermain Dengan Kucing Liar"

Posting Komentar