Low Cost Green Car

Kehadiran mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) menambah sesak segmen city car nasional. Persaingan pun makin panas, bahkan dari satu merek yang sama. Toyota misalnya, mereka sudah memiliki mobil tipe city car yakni, Etios Valco. Dan kini mobil itu akan berhadapan dengan mobil murah Agya.

Dengan harga hanya terpaut Rp10 juta--tipe tertinggi Agya dengan Etios varian terendah--posisi Agya dan Etios Valco cukup riskan. Keduanya bisa saling memakan pangsa pasar, bukan mustahil jika salah satunya justru kalah bersaing oleh varian dari merek yang sama. Sama seperti Agya, Ayla juga bersingungan dengan model Daihatsu tipe city car yang sudah ada, yaitu Sirion. Meski dari segi itu harga masih terpaut sekitar 40 juta--Ayla tipe termahal dengan Sirion versi standar.

Di segmen pasar city car nasional, Daihatsu memang selalu masuk tiga besar. Apalagi jagoan mereka Sirion ketiban berkah lantaran Ayla sempat belum bisa dijual hingga hampir satu tahun. Konsumen yang bosan menunggu akhirnya beralih ke Sirion. Bukan hanya si kembar, Brio Satya, Datsun GO, Karimun Wagon R juga rentan terjadi "kanibalisme". Banyaknya varian Brio di tiga kelas yang berbeda, termasuk di segmen mobil murah, membersitkan kecemasan bahwa ketiganya bisa saling kanibal.

Honda tidak menampik terjadinya kemungkinan itu. Mereka bilang, "kanibalisme" di Brio pasti ada. Segmen varian tertinggi Brio 1.3 Sports  mungkin mengecil. Kemudian yang tumbuh adalah kelas New Brio 1.2 dan Brio Satya. Seberapa besar belum bisa diperkirakan.

Lain hal dengan Datsun GO. Agar tidak saling memakan, Nissan berencana menaikkan kapasitas mesin city car, March menjadi 1.500cc. Mereka berharap cara itu ampuh menjaga pangsa pasar Datsun GO dan March. Terakhir adalah Karimun Wagon R. Suzuki tidak menampik mobil murah itu bakal mempengaruhi penjualan Splash kedepannya.

Namun, Suzuki belum memastikan apakah dengan adanya Karimun Wagon R, Splash akan "dibunuh", sebab sejak hadirnya varian matik, penjualan Splash masin cukup tinggi. Mereka baru akan analisa, setelah meluncurkan Karimun Wagon R, Oktober mendatang.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), rata-rata setiap bulannya, mobil city car terjual 5.136 unit. Total, sepanjang Januari-Juli 2013, mobil tipe ini terserap pasar sebanyak 35.957 unit. Lantas apakah kehadiran mobil murah membuat pangsa pasar city car lebih berkembang? atau justru model dari satu merek yang sama saling memangsa hingga berujung "membunuh" salah satunya? Kita tunggu saja.

0 Response to "Low Cost Green Car"

Posting Komentar