Cara Merawat Kuku Tanpa kesalon

Wanita selalu ingin tampil menarik. Dari ujung rambut sampai ujung kaki semuanya harus tampak bersih, rapi dan terawat. Tak terkecuali untuk kuku, baik kuku tangan maupun kaki. Dengan kuku yang indah dan terawat, akan semakin melengkapi penampilan menarik seorang wanita. Lalu, bagaimana cara merawatnya agar tetap sehat tanpa harus keluar banyak biaya pergi ke salon. Caranya mudah, ikuti tips-tips berikut ini!

Seperti dilansir dari situs self.com, ada cara-cara praktis dan sederhana yang bisa Anda lakukan dalam menjaga kuku tetap indah den sehat tanpa harus pergi ke salon.

Jaga kuku Anda tetap lembab

Oleskan body lotion atau pelembab kulit lain yang mengandung Vitamin E pada kulit ari di sekitar kuku Anda. hal ini akan menjaga kulit ari Anda tersebut tetap lembab dan mencegah terjadinya kulit pecah-pecah. Lakukan pada malam hari sebelum tidur dan saat pagi hari. Dengan begitu, kuku Anda akan sehat dengan kulit ari yang lembab, lembut dan tidak pecah-pecah.

Hapus cat kuku Anda

Memakai cat kuku yang berwarna-warni apalagi ditambah dengan berbagai macam pernak-pernik memang sangat lucu dan menggemaskan. Tapi jangan terlalu sering menggunakannya karena cat tersebut membuat kuku Anda tidak bebas untuk ‘bernapas’. Jika terlalu sering menggunakan pewarna, lama-lama kuku Anda bisa menjadi kekuningan. Hal itu tentu saja tidak sehat dan tidak akan membuat kuku Anda menarik.

Potong kuku Anda

Anda tidak perlu khawatir jika Anda ingin memanjangkan kuku Anda, karena memotong kuku justru akan membuatnya lebih cepat tumbuh dan lebih sehat. Tapi jangan memotongnya terlalu pendek dan terlalu mepet dengan ujung jari Anda, tetap potong dengan ukuran yang pas.

Mengikir kuku

Dengan mengikir, bentuk kuku Anda bisa menjadi lebih rata. Kikir kuku Anda ke arah samping dan jangan ke depan-belakang, hal itu akan membuat kuku Anda rapuh. Selain itu, jangan mengikir kuku Anda setelah mandi karena kuku yang basah sangat mudah patah.

Cuci tangan Anda secara rutin

Cucilah selalu tangan Anda secara rutin, terutama sehabis makan. Jika ada sisa makanan yang tersangkut, bakteri akan bersarang dalam kuku Anda. Cuci tangan Anda dengan sabun biasa atau sabun khusus pencuci tangan.

Hentikan kebiasaan menggigit kuku

Jika Anda ingin kuku yang sehat dan indah, berhentilah menggigitnya. Coba tahan keinginan Anda tersebut selama satu minggu dan Anda akan melihat perubahannya. Jika tiba-tiba Anda merasa ingin melakukan kebiasaan Anda, coba duduki tangan Anda. hal ini mungkin terdengar konyol, tapi hal ini dapat menghindarkan Anda dari kebiasaan menggigit kuku.

Makan makanan yang sehat

Jika kuku Anda kering dan rapuh, cobalah untuk menutrisi kuku dari dalam. Makanlah makanan yang mengandung Vitamin A seperti brokoli, wortel dan keju. Selain itu, kalsium juga sangat dibutuhkan oleh kuku, konsumsilah makanan seperti susu, yogurt, keju dan almond. Jangan lupa juga untuk banyak minum air putih.

Dengan menjalankan tips-tips di atas, Anda akan mendapatkan kuku yang tak hanya bagus tapi juga sehat. Kuku yang sehat lebih baik daripada kuku berwarna-warni tapi rapuh. Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Merawat Kuku Tanpa kesalon"

Posting Komentar