Anda Mempunyai Sifat Empati? Berarti Anda Bukan Psikopat

Empati bukan hanya bersikap peka atau sensitif terhadap perasaan orang lain. Empati adalah sikap seseorang yang memiliki keinginan untuk menolong sesama, bahkan berkeinginan untuk mengalami emosi yang sama dengan emosi orang lain.

Hal ini sayangnya tidak dimiliki oleh seorang psikopat. Akibatnya, psikopat tidak peduli dengan perasaan orang lain, termasuk Anda, dan hanya mementingkan keinginan diri sendiri.

Apa saja ciri-ciri pribadi dengan empati yang tinggi? Simak beberapa contoh dibawah ini.

Anda mengutamakan kepentingan orang lain

Orang yang memiliki sikap empati biasanya lebih mementingkan kepentingan orang lain seperti teman, saudara, orangtua, pasangan atau pun hewan peliharaan yang dimilikinya ketimbang kepentingannya sendiri.

Judith Orloff, MD, asisten profesor klinis psikiatri di UCLA mengatakan, mereka yang memiliki sikap empati biasanya berkeinginan untuk membantu orang lain dan memiliki hati yang besar.

“Namun, terkadang mereka memberi terlalu banyak sampai mereka sendiri merasa lelah,” ucapnya.

Anda adalah pendengar yang baik

Anda lebih suka mendengar keluh kesah sahabat atau saudara, ketimbang bercerita tentang kehidupan pribadi?

Menjadi pendengar yang baik berarti Anda meletakkan kepentingan si pencerita lebih utama dan berusaha untuk mengerti kondisi yang sedang dialaminya, kata Cherie Burbach penulis dari buku Art and Faith: Mixed Media Art With a Faith-Filled Message.

Banyak orang yang meminta nasihat Anda

Banyak orang yang meminta nasihat ataupun membutuhkan dukungan Anda. Mereka merasa percaya untuk menceritakan permasalahannya dan yakin bahwa pendapat Anda dapat membantu mereka keluar dari permasalahan yang sedang dihadapinya.

“Anda bisa menempatkan diri di tempat orang yang bercerita kepada Anda dan mencarikan solusi atau jalan keluar yang tepat untuk menghadapi masalah yang sedang dialaminya,” kata Stacy Laura Lloyd, seorang pakar hubungan dan kesehatan.

Berita buruk sangat mempengaruhi Anda

Menyaksikan berita duka ataupun kisah tragis yang terjadi di film, berita televisi, atau pun lewat media sosial bisa menganggu bahkan membuat Anda menjadi sedih dan terpukul.

Contoh termudah adalah keinginan untuk menolong ketika melihat mengemis di lampu merah atau hewan seperti anjing dan kucing yang ditelantarkan di pinggir jalan.

Anda selalu ingin membantu orang yang menderita

Keinginan Anda sangat tinggi untuk membantu orang lain, bahkan orang yang tidak dikenal sekalipun.

“Orang dengan sikap empati yang tinggi biasanya suka mencari tahu apa penderitaan orang lain dan ingin meringankan penderitaan tersebut”, kata Dr Orloff.

Lalu, Anda juga merasa bertanggung jawab pada kondisi yang terjadi di sekeliling diri Anda dan walaupun berkeinginan untuk bersikap cuek dan tidak peduli akan suatu hal, tetapi tidak bisa berhenti memikirkannya.

0 Response to "Anda Mempunyai Sifat Empati? Berarti Anda Bukan Psikopat"

Posting Komentar