Kehidupan manusia

Pada dasarnya kehidupan manusia itu dipenuhi cinta damai. Semua agama mengajarkan kedamaian tanpa kekerasan di dalamnya. "Untuk itulah, kita semua perlu menghayati buku yang penuh gagasan pemikiran penting ini demi kehidupan manusia yang toleran dan antikekerasan," ujar mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla saat memberi kata sambutan dalam peluncuran buku Dialog Peradaban untuk Toleransi dan Perdamaian di Jakarta, Senin (6/12/2010).

Kalla menunjukkan kedamaian itu ada di setiap agama dalam bentuk salam yang diucapkan pada saat seorang umat bertemu dengan sesamanya. "Setiap muslim bertemu dengan muslim lainnya, diucapkan assalamualaikum. Seorang kristiani mengucapkan shalom, dan umat-umat lainnya. Semua salam itu bermakna keselamatan," terang Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) itu.

Menurut Kalla, yang jadi pertanyaan adalah kenapa konflik dan kekerasan itu masih ada. Ia memastikan ada penyebab di balik munculnya konflik-konflik itu.

Ketika semua orang mendengungkan gagasan toleransi dan perdamaian, Kalla memandang perlunya dicari asal mula konflik itu sendiri. "Semua konflik dimulai dari ketidakadilan. Sebab itu, pelaksanaan keadilan yang makmur dan sejahtera di tengah masyarakat sangatlah menentukan," ungkapnya.

Kalla berharap masyarakat Indonesia mengedepankan sikap saling menghargai satu sama lain disertai upaya dialog untuk mengatasi konflik di suatu daerah. "Jangan bertindak kekerasan pada kaum yang lain. Mari utamakan dialog," ujar tokoh perdamaian di Poso itu. Demikian catatan online Blogger Indonesia tentang Kehidupan manusia.

0 Response to "Kehidupan manusia"

Posting Komentar